Anak SumseL

Banner

Senin, 11 Juni 2012

Merayakan Hari Jadi Kota Palembang dan Anniversary Harian Pagi Sumatera Ekspres







PALEMBANG - Gelaran Jalan Sehat Generasi Emas memperingati Hari Jadi Kota Palembang Ke-1329, peringatan ke-41 dan Anniversary Harian Pagi Sumatera Ekspres Ke-17 Tahun, kemarin (10/6) pagi, benar-benar semarak. Sekitar 25 ribu warga kota ini, tumplek-blek memadati pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) untuk menempuh rute  sepanjang 3 kilometer (km).
Tak hanya kalangan remaja dan dewasa jadi peserta. Mereka usia di atas 50 tahun juga ambil bagian. Bahkan, beberapa peserta mengajak serta anaknya yang masih balita.
Kegiatan jalan santai ini dilepas dalam dua sesi. Pertama, oleh Wali Kota Palembang, Ir H Eddy Santana Putra MT dan CEO Jawa Pos Group Wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), Banten, Jawa Tengah dan Jawa Barat, H Suparno Wonokromo. Pelepasan kedua, Ketua Yayasan Bunda Eva, Hj Eva Santana Putra dan Ketua Pelaksana Jalan Sehat Generasi Emas, Hj Sumaiyah MZ MM.
Wali Kota Palembang, Ir H Eddy Santana Putra MT menyambut baik kerja sama jalan sehat antara Pemkot Palembang, Harian Pagi Sumatera Ekspres dan Yayasan Bunda Eva tersebut. Sebagai wali kota, ia merasa bangga karena warga kota ini peduli dengan kegiatan olahraga untuk menjaga kesehatannya.
“Banyak program kegiatan olahraga yang kita laksanakan, seperti sepeda santai, senam jantung sehat untuk lansia dan lainnya. Itu tanda kita peduli dengan kesehatan,” jelasnya. Di samping, menciptakan kebersaman antara warga.
“Terima kasih pada semuanya yang ikut serta dalam menyukseskan acara ini. Khususnya kepada Sumatera Ekspres yang selalu setia dengan Pemkot Palembang bekerja sama  dalam segala bidang, baik itu lingkungan, olahraga dan lainnya. Selamat ulang tahun buat Sumatera Ekspres,” jelas Eddy.
Ia juga menyebutkan, Metropolis sudah menjadi kota internasional. Dibuktikan,  dengan capaian penghargaan kota tebersih berwawasan lingkungan dan berkelanjutan tingkat ASEAN atau Environmental Sustainable City (ESC) pada 2008 lalu di Vietnam.
“Nggak banyak kota yang dapat penghargaan itu. Palembang yang pertama dan Surabaya mampu meraihnya 2011 lalu. Saat 2011, kita hanya dapat piagam,” ungkap Eddy. Pemkot Palembang, juga berkomitmen dalam menjaga kualitas udara. Sejumlah mobil dinas, sudah menggunakan bahan bakar gas (BBG) dan dalam waktu dekat akan bertambah kembali jumlahnya setelah turunnya bantuan dari pemerintah pusat.
“Polusi dari kendaraan ini cukup besar di Kota Palembang. Sampai sekarang 325 ribu motor menimbulkan polusi udara. Kita berencana motor juga bisa menggunakan BBG, sehingga kualitas udara semakin baik. Apalagi, BBG ini murah, hanya Rp2.950 untuk 1 LSP (liter setara premium),” jelas Eddy. Penggunaan BBG, akan ditopang 4 unit SPBG baru yang rencananya mulai operasional Juni.
Ia juga berterima kasih kepada warga kota, dalam hal menjaga kebersihan kota sehingga membuat Kota Palembang mempertahankan Piala Adipura enam kali berturut-turut. Selain itu, ia juga mengungkapkan Metropolis sebelumnya meraih Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) dengan nilai tertinggi bidang lalu lintas dan transportasi.
H Suparno Wonokromo, CEO Jawa Pos Group Wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), Banten, Jawa Tengah dan Jawa Barat juga memberi ucapan selamat hari jadi Kota Palembang ke-1329 kepada Pemkot Palembang pada peringatan ke-41. Ia menyebutkan, kegiatan yang dilaksanakan kerja sama Pemkot Palembang, Yayasan Bunda Eva, Harian Pagi Sumatera Ekspres dan sponsor lainnya merupakan hasil sinergi bersama.
“Nah, dari situ ketahuan dengan membeludaknya jumlah peserta mengartikan bahwa kita sangat dicintai masyarakat,” ujar Suparno yang juga menggeluti profesi sebagai dalang ini. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada sponsor yang ikut membantu terselenggaranya Jalan Sehat Generasi Emas.
“Selain sehat karena olahraga jalan santai yang dilakukan, peserta juga mendapatkan beragam hadiah menarik. Jumlahnya puluhan item, seperti motor, kulkas, TV dan lainnya,” bebernya.
Sementara Ketua Panitia Jalan Sehat Generasi Emas dari Pemkot Palembang, Dra Hj Sumaiyah MZ MM, menambahkan, Yayasan Bunda Eva yang baru berdiri akan terus berperan banyak dalam berbagai kegiatan positif.
“Salah satunya dalam menyehatkan warga kota ini menggelar jalan sehat bekerja sama dengan Pemkot Palembang dan Sumatera Ekspres,” ujar Sumaiyah yang juga sebagai kepala Dinas Pendapatan (Dispenda) Kota Palembang ini. Menurutnya, antusias warga Kota Palembang terhadap penyelenggaraan ini sangat baik. “Ke depan, kita akan buat ini sebagai agenda rutin. Bahkan, lebih baik dan semarak lagi,” bebernya.    
Koordinator Acara Jalan Sehat dari Sumatera Ekspres, Dwitri Kartini, mengungkapkan, acara jalan sehat disponsori Kopi ABC dan Telkomsel, Yamaha, PT PLN WS2JB, Flexi, Indomie, dan Alfamart. Total hadiah puluhan juta rupiah. ”Hadiah utama tiga unit sepeda motor. Untuk hadiah hiburan, ada tabulet PC, lemari es, TV, kompor gas, sepeda, kipas angin dan ratusan suvenir menarik lainnya. Nah, ketika mengambil hadiah para pemenang harus membawa identitas diri,” ujarnya.
Dalam kegiatan tersebut, juga diramaikan dengan pemeriksaan kesehatan gratis, mulai dari periksa tensi dan kekeroposan tulang. Kemudian ada tes urine untuk mengetahui apakah seseorang menderita diabetes militus (DM) atau penyakit kencing manis dan indikasi penyakit ginjal serta tes indeks massa tubuh atau cek lemak untuk mengetahui apakah tubuh seseorang mengalami kelebihan lemak atau tidak.
Hadir dalam kegiatan tersebut, sejumlah pejabat di lingkungan Pemkot Palembang, seperti Asisten II, Taufik Syakroni, Asisten III HMY Badaruddin, Asisten IV Apriadi S Busri CES, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) dr Hj Gema Asiani MKes, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Herty Mochtar, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Ir Agus Kelana MT, Kepala Satpol PP Aris Saputra, Kepala Dinas Kebersihan Kota (DKK) Kms Abubakar, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Drs H Riza Fahlevi MM, Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan (DP2K), Sudirman Tegoeh, Kepala Dinas PU Cipta Karya dan Perumahan HM Fachmi AR.
Kemudian Kepala Dinas Tata Kota Ucok Hidayat, Kepala Dinas Penyelamatan dan Pemadam Kebakaran (PPK), Dercky Lenggardi, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) H Masripin Thoyib, Dirut PD Pasar Palembang Jaya, H Syaifuddin Azhar dan lainnya. Hadir juga dari Harian Pagi Sumatera Ekspres, General Manager (GM) H Subki Sarnawi, Wakil GM/Pemimpin Redaksi H Mahmud, Advertising Manager Yunita Ayu, Advertising Manager Area Palembang, St Reno Irawan, Manajer Pemasaran A Rosidi, Manajer Umum dan SDM Hamka Abdullah, dan lainnya.
Untuk diketahui, rute jalan sehat mulai start dari Benteng Kuto Besak (BKB)-Jl Palembang Darussalam/Nusa Indah-Jl Merdeka-Jl Faqih Jalaluddin-Jl Tjik Agus Kiemas-Jl Sudirman-Jl Letkol Iskandar-Jl Pangeran SW Subekti-Jl KH Ahmad Dahlan-Jl Doktor Sutomo-Jl Merdeka-Jl Rumah Bari-Jl SMB-Finis di BKB.

Hanya Kirim Satu Kupon

Di sisi lain, peraih sepeda motor dalam acara Jalan Sehat tersebut atas nama Viska Merna Deta dan M Paisal Amir. Keduanya tak pernah menduga bakal mendapatkan rezeki di pagi itu. 
Wajah keduanya masih terlihat tegang saat dibincangi usai menerima simbolis kunci gabus ukuran besar dari Eddy Santana dan H Suparno Wonokromo. Pengundian  dilakukan terbuka di hadapan seluruh peserta jalan sehat.
Viska menerima Yamaha Mio Fino seharga Rp13 jutaan. Sementara Paisal, mendapat Yamaha Vega sekitar Rp12 juta. “Nggak nyangka kak bisa dapat motor. Padahal, ikut ini karena memang hobi jalan santai. Jadi, kalau ada kegiatan seperti ini sering ikut,” ujar siswi kelas XI SMAN 16 Palembang. 
Rencananya, motor yang ia dapat tersebut akan dipinjamkan ke adiknya yang saat ini sekolah kelas X. “Kalau saya sudah ada motor sendiri, jadi untuk adik saja,” beber warga Jl Pembangunan, RT 3, RW 1, Pakjo ini.
Dalam jalan sehat tersebut, ia bersama kedua orang tua dan enam rekannya pelajar SMAN 16 Palembang. Kupon yang ditukar hanya satu lembar. Lantaran saat menukar, waktu yang ditentukan sekitar dua jam lagi tutup.
“Kalau di koran ‘kan pukul 16.00 WIB sudah tutup, saya pukul 14.00 WIB datang ke Graha Pena menukarkan kupon,” bebernya. Untunglah, saat ia datang kupon masih ada, sehingga ia bisa ikut serta “peruntungannya” di ajang tersebut. “Alhamdulillah bisa dapat motor ini,” tukasnya.
Sementara Paisal juga mengungkapkan hal serupa. Katanya, tak pernah menyangka bakal membawa pulang kendaraan dalam keikutsertaannya di jalan sehat tersebut. “Nggak nyangka juga, yang jelas saya beryukur. Mungkin kado buat anak saya yang masih usia dua tahun,” kata ayah satu anak ini.
Sopir pribadi Oktorayanis, kabid program Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Palembang dan dr Silvi, dokter RSMH Palembang ini juga, mengaku, tak ada firasat atau mimpi apapun bisa mendapatkan hadiah ini. Padahal, tujuan ikut kegiatan jalan sehat ini hanya ingin menyemarakkan acara. Apalagi, Kepala Dispenda, Dra Hj Sumaiyah MZ MM adalah ketua pelaksana acara. Sehingga, membuatnya mudah untuk ikut di kegiatan tersebut. (rei/*/ce1)    

sumser : http://www.sumeks.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=1146:membeludak-bukti-warga-sangat-cinta&catid=61:slide-news

Untuk Download Artikel Klik Gambar

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Welcome

" Selamat-Datang di site "Anak-Sumsel" walaupun terlihat Sederhana” SEMOGA BERMANFAAT "
Cinta kepada Adat dan Budaya Sumatera selatan (sumsel) Palembang. "Palembang Kota (B.A.R.I) Bersih,Aman,Rapi & Indah"
 

PENGUNJUNG

free counters

Web partner

Sumatra Selatan Dishubkominfo Relawan TIK
Budaya_indonesia Anak-Sumsel

Followers

 
| close
Tribun, The National News Paper

Templates by GustiarGustiar | CSS3 by Blogger Aku Anak sumsel | Powered by TKJ & Blogger